Sabtu, 07 Januari 2012

Asal muasal kultur New Wave.

New Wave adalah terjemahan dari Nouvelle vague (Perancis), sebuah frasa yg diciptakan oleh kritikus Francois Giroud. New wave merujuk pada sekelompok sineas Prancis yg melakukan revolusi dlm pembuatan film western pada akhir 50-an. Mereka adalah kritikus2 film untuk jurnal Cahiers du Cinema yg didirikan oleh Andre Bazin pada tahun 1950. Meskipun ada perbedaan2 diantara mereka dalam hal teknik dan temperamen, namun para sutradara New wave seperti Francois Trufaut, Jean Luc Godard, Erick Rohmer dll biasanya berkomitmen pada Auteur Theory di mana sebuah film merupakan kreasi sutradara dibanding hasil cipta studio.

Film2 new wave dibikin dgn anggaran rendah dan sering kali mengembangkan teknik, baru kemudian mempertimbangkan soal avant-garde, sebagaimana kamera2 berukuran kepalan tangan, mixing adegan dan gambar2 bergerak, jump-cuts, aktor2 yg menghadap kamera, lelucon2 personal dan narasi yg mengganggu. Film2 dgn penampilan yg penuh energi dan secata umum bertempo cepat serta penuh improvisasi ini menjadi ciri bidaya pop awal era 60-an. Pencerahan film Prancis yg berhubungan dgn aktivitas2 Pasoloni, Antonioni, dan Fellini di Italia itu diikuti dgn fenomena serupa di Cekoslovakia antara tahun 1965 dan invasi Rudia paa 1968. Di Inggris, New Wave adalah pengaruh minor pada percampuran realisme sosial dan film2 pop tidak keruan yg dibuat oleh sutradara2 muda pada waktu itu. New Wave juga membantu mengenalkan konsep Cinema Verite dan film Noir pada Audiens berbahasa Inggris, memberi status seni tinggi pada beberapa film Hollywood yg lebih awal dan mempengaruhi generasi sutradara Amerika semisal Arthur Penn, Peter Bogdanovic dan khususnya Brian de Palma.
 salah satu karya Brian de Palma.

Frasa New Wave menjadi suatu klise, terdengar misalnya dalam hubungannya dengan fiksi-sains pasca-Philip K.Dick yang ditulis dalam bahasa Inggris, dan yg paling baru ketika New Wave diterapkan oleh impresario situasionist yaitu Malcolm McLaren (Sex Pistol) pada kelahiran musik Punk rock. New Wave diambil oleh pers musik pop an industri musik sebagai istilah generik untuk keragaman gaya musik yang muncul di sekitar Hardcore Punk.

Kemudian New Wave juga ditujukan pada spektrum musisi2 progresif yg muncul pada 1977 dan 1978 (The Jam, Nick Lowe, Joe Jackson, The Cure, Wire, Cabaret Voltaire).

Ketika label ini tidak lagi di gunakan dalam konteks musik selama awal tahun 80-an maka New Wave diterapkan pada perkembangan baru dalam desain grafis. 

kalo ini New Wave versi gue :
'One of the new wave boys. . Same old thing in brand new drag.' (David Bowie ~ Fashion, 1980)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar